DIARY “Pelanggaran yang ditemukan sehari-hari di lingkunagan tanggal 9 – 16 Oktober 2017”

Standard

Senin, 9 Oktober 2017

             Pelanggaran yang saya lihat hari ini yaitu pelaggaran lalu lintas, bertempat di lampu merah Mcd menuju kampus (saya lupa alamat pastinya hihi) disana terdapat perempatan jalan yang memang dikenal cukup lama durasi lampu merahnya dikarenakan ada 6 arah yang dibuka, ditambah lagi tidak adanya polisi yang mengatur lalu lintas. Saya banyak sekali menemukan pelanggaran lalu lintas diantaranya menerobos lampu merah, tidak hanya satu atau dua yang melanggar lampu merah tersebut tapi ada beberapa kendaraan.

            Menurut saya pelanggaran ini sangat berbahaya, karna dapat mencelakai diri sendiri maupun orang lain. Bisa saja ada kendaraan lain dalam kecepatan tinggi sedang melawatinya karna memang untuk jalur dia sedang hijau, maka tidak dapat dipungkiri lagi akan terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan nyawa seseorang hilang.

Selasa, 10 Oktober 2017

            Hari ini saya melihat pelanggaran lalu lintas kembali, kali ini pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm. Sepertinya pelanggar tersebut adalah tukang ojek karena saya melihat dia memparkirkan kendaraan bermotornya di pangkalan ojek dan dia mengantar seseorang yang menghampirinya. Lalu kedua orang tersebut pergi dengan sepeda motor, mungkin jarak yang mereka tempuh tidak jauh

            Namun baik dekat maupun jauh jarak yang ditempuh mereka seharusnya tetap menggunakan helm sebagai keselamatan untuk kepala mereka. Karena kita tidak akan tau akan terjadi apa dijalanan nanti, dengan menggunakan helm jika pun mereka jatuh dari motor bagian kepala mereka akan tetap terlindungi oleh helm yang dipakai. Helm juga dapat menutupi wajah dari debu sekitar saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Rabu, 11 Oktober 2017

            Hari ini saya tidak akan bercerita tentang pelanggaran lalu lintas melainkan pelanggaran hak cipta film. Awalnya selesai saya mengerjakan tugas, saya ingin langsung tidur tapi mata tidak dapat diajak bekerja sama (a.k.a insomnia) alhasil saya inseng mencari film yang belum saya tonton di bioskop dan ternyata di salah satu web tersebut dapat dibuka hihi. Dan setelah saya buka keadaan filmnya pun sudah HD jadi makin tertariklah saya untuk menontonya.

            Sebenarnya hal diatas merupakan kegiatan yang tidak patut ditiru, karena akan merugikan orang maupun perusahaan yang membuatnya. Dengan kita menonton film secara ilegal tersebut maka kita sama saja dengan tidak menghargai kerja keras seseorang dalam membuat karya. Jadi mohon sekali lagi jangan ditiru ya hihi.

Kamis, 12 Oktober 2017

            Hari ini saya menemukan pelanggaran disekitar lingkungan rumah saya, sebenarnya pelanggaran ini yang paling sering dilakukan oleh banyak orang dan dianggap sepele padahal jika dilihat efeknya sangat besar di kemudian hari jika sikap tersebut tidak diubah. Seperti yang kalian tebak yaitu pelanggaran membuang sampah sembarangan. Banyak sekali dari kita yang menyepelekan pelanggaran ini karena mungkin di benak mereka banyak yang berfikiran“gapapa cuman buang sampah sembarangan satu ini”. Padahal itu salah besar karena oke jika yang berfikiran tersebut hanya satu orang namun bagaimana jika yang berfikir sama ada ratusan bahkan ribuan orang.

            Maka efeknya akan membuat lingkungan menjadi kotor, terlebih lagi jika membuangnya pada aliran sungai akan menyumbat aliran sungai itu sendiri. Belum lagi jika hujan turun akan mengakibatkan banjir dan pada saat banjir sampah akan tegenang dimana mana. Sebenarnya dari semua efek yang akan terjadi diatas ada efek dasar yaitu menjadi tidak adanya sikap tanggung jawab dari dalam diri untuk menjaga dan merawat lingkungannya dan membuat orang menjadi serta – merta membuang sampah sembarang tanpa memperdulikan efek yang akan terjadi di kemudian harinya.

Jumat, 13 Oktober 2017

            Hari ini saya akan bercerita tentang pelanggaran lalu lintas lagi. Jadi, saat saya hendak pulang kerumah saya melihat ada 2 pengendara sepeda motor yang melawan arus dan terlebih lagi yang mengendari motor tersebut tidak menggunakan helm dan terlihat seperti anak dibawah umur.  Saya sangat perihatin melihatnya karena sebegitu tidak pedulinya terhdap keselmatan nyawaanya dan seharusnya sebagai orang tuanya tidak begitu saja mengizinkan anak dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor tanpa helm dan SIM.

            Efeknya jelas dalam pelanggaran ini yaitu akan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Mungkin hari ini tidak terjadi apa – apa tapi kita tidak tahu hari – hari selanjutnya. Sikap diatas jika di lakukan terus – menerus akan anak menjadi terbiasa melakukan pelanggaran seperti diatas dana anak akan memudahkan tindakan yang salah ini.

Sabtu, 14 Oktober 2017

            Hari ini saya akan menceritakan tentang pelanggaran lalu lintas yaitu menjadikan sebagian jalan raya sebagai tempat parkir usahanya. Jadi, didekat rumah ada penjual bakso yang tidak memiliki lahan parkirnya sehingga dia mengambil sebagian jalan umum untuk dijadikan tempat parkir bagi pembeli yang berdatang ke toko dia menggunakan kendaraan.

            Hal ini efeknya cukup besar bagi pengendara disekitar lokasi karena membuat jalanan disekitarnya menjadi macet, besar jalanan tidak begitu lebar ditambah lagi saat jam pulang kerja jalanan sering dijadikan jalur alternatif bagi pengedara yang tidak ingin terjebak macet di jalan raya besar. Seharusnya saat hendak membangun usaha berikan sedikit ruang untuk tempat parkir pengunjung agar tidak mengambil sebagian jalanan umum.

 

Minggu, 15 Oktober 2017

            Pelanggaran yang saya lihat hari ini adalah pelanggaran hak pejalan kaki yaitu saat lampu merah dipersimpangan jalan kendaaran tidak berhenti di belakang garis putih. Hal ini mengakibatkan orang yang ingin menyebrang jalan tidak memiliki ruang yang cukup untuk menyebrang dengan nyaman. Seringkali hak penyebrang jalan diabaikan oleh pada pengendara terutama sepeda motor, selain pelanggaran diatas contoh lainnya adalah trotoar yang seharusnya menjaadi hak pejalan kaki malah dijadikan jalur untuk kendaraan bermotor terutama saat keadaan jalan sangat macet.

Efeknya sendiri  bagi  pejalan kaki adalah ketidaknyamanan saat di jalan raya  dan kekhawatiran karena yang seharusnya menjadi jalanan yang dipruntukan untuk pejalan kaki saja namun kendaraan bermotor ikut menggunakannya.

Senin, 16 Oktober 2017

             Hari – hari sebelumnya saya sering membahas tentang pelanggaran lalu lintas namun kali ini sedikit berbeda. Saya akan menceritakan tentang pelanggarn etika/sikap dalam berkomentar. Sekarang ini jika melihat sosial media terutama publik figur di kolom komentar ada banyak macam komentar. Mulai dari yang pro hingga yang kontra, sebenarnya itu wajar karena hal tersebut merupakan resiko yang harus ditanggung oleh publik figur itu sendiri. Namun miris melihat tata bahasa yang digunakan saat para netizen berkomentar, dari bahasa yang layak dibaca hingga bahasa yang tidak pantas lagi untuk dibaca.

            Saya tahu ini merupakan hak asasi manusia untuk berkomentar sesuka hati mereka namun alangkah lebih baiknya jika ingin mengkritik seseorang (apalagi kita tidak mengenal kepribadian orang tersebut secara keseluruhan) menggunakan bahasa yang sopan dan santun bukannya menggunakan bahasa kasar. Salah satu efeknya jika komentar tersebut dilihat oleh anak dibawah umur maka akan mengajarkan perilaku yang tidak baik, bisa saja mereka mengikuti berkomentar menggunakan bahasa yang tidak pantas apalagi jika yang dikomentarkan usianya lebih tua dari orang yang berkomentar.

Leave a comment